Friday 8 March 2019

96.Siswa Buddha yang resmi


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Siswa Buddha yang resmi 

Mereka yang telah mengambil Visudhi Trisarana dan Lima Sila, disebut sebagai insan yang memiliki berkah dan kebajikan, di dalam Pintu Buddha dikatakan sebagai siswa Buddha yang resmi. Dengan mengambil Visudhi Trisarana, kita membulatkan tekad untuk melatih diri sesuai dengan ajaran Buddha.

Apa yang dimaksud berkah kebajikan di sini? Yakni lima jenis berkah :
1. Panjang umur
2. Kemakmuran
3. Kesucian
4. Dihormati orang lain
5. Kebijaksanaan

Dari lima jenis berkah ini, panjang umur, kemakmuran dan dihormati orang lain masuk dalam kategori “Berkah”; sedangkan kesucian dan kebijaksanaan masuk dalam kategori “Kebajikan”, maka itu dikatakan sebagai memiliki berkah dan memiliki kebajikan.

Namun sebagai praktisi pemula, kadang kala tak terhindarkan dari keraguan dan tanda tanya. Orang-orang duniawi ketika ada keraguan, akan bertanya pada setan dan malaikat. Buddha Sakyamuni menyampaikan bahwa, siswa Buddha bila ada keraguan dan pertanyaan, tidak boleh meniru orang-orang duniawi pergi bertanya pada setan dan malaikat, lantas harus bagaimana?

Mohonlah bimbingan pada Triratna (Buddha, Dharma, Sangha), praktisi sekalian harus mengingat poin ini, mengambil Visudhi Trisarana adalah berlindung pada sila yang ditetapkan oleh Sang Buddha, berlindung pada ajaran sutra, berlindung pada bimbingan yang diberikan Sangha, inilah Tri Ratna atau Tiga Mustika.

Yang menjadi standar atau patokannya adalah Buddha bermakna pencerahan, Dharma bermakna kebenaran, Sangha bermakna kesucian, dengan perkataan lain, kita berlindung pada pencerahan, kebenaran dan kesucian.

Pada pokok pembahasan sebelumnya kami selalu menegaskan bahwa tercerahkan dan tidak takhayul, benar dan tidak sesat, suci dan tak ternoda, inilah yang harus kita andalkan, kita berlindung padanya.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 10
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0010


淨空老法師開示節錄 :
正式的佛弟子

受了三皈五戒就是有福、有德之人,在佛門裡面說這是正式的佛弟子,也是我們發願認真依照佛陀的教誡來修行。在這裡面,諸位看表解,我把大意給諸位做個介紹。福德,就本經來說第一個是長壽,這講五福,五種福,第一個是長壽,第二個是大富,第三是清淨,第四是眾奉,就是社會大眾推崇你、尊敬你,第五是德慧。具足這五條這是五福,與我們中國古人所講的五福稍稍有點不同,但是大致上是一樣的,這是佛在本經裡面講的五種福。這裡面長壽、大富、眾奉是屬於福,清淨與德慧是屬於德,所以說是有福、有德。

  佛弟子在修學沒有到相當的境界,於一切事理免不了有疑惑。世間人有疑則是求神拜佛,佛告訴我們,佛弟子有疑不可以像世間人那樣求教於鬼神,應當怎麼辦?請示三寶。請示三寶,諸位一定要記住,是皈依佛的戒、依經典的教訓、依高僧的指導,這是三寶。而且這裡面最重要的標準,佛是覺的意思,法是正的意思,僧是淨的意思,換句話說要依覺,我們前面常常提到的,覺而不迷,正而不邪,淨而不染,這是我們應當要依從的。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0010