Thursday 7 March 2019

93.Pendukung Dharma Bgn 1


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Pendukung Dharma
(Bagian 1)  

Di dalam pintu Buddha sering dibahas tentang persoalan pendukung Dharma atau donatur, untuk menjadi Dermawan yang benar, mesti memenuhi tiga prinsip.

Yang pertama adalah dalam hal membangun vihara. Pada pembahasan sebelumnya, kita pernah membahas Master An Shi-gao yang mendirikan vihara yang bernama Vihara “Da An Si” di Jiangnan, pada abad ke-2.

Ini merupakan jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas. Oleh karena waktu itu, Ajaran Buddha mengandalkan vihara untuk menyebarluaskan Buddha Dharma.

Namun seiring berjalannya waktu, Ajaran Buddha berkembang sampai pada hari ini, seperti yang disebutkan di dalam “Sutra Intan”, setelah 5 kali 500 tahun kemudian akan memasuki periode perseteruan yang kuat.

Hari ini banyak vihara yang telah berubah fungsinya, menjadi vihara perseteruan, para penghuni yang berada di dalamnya berlomba-lomba untuk merebut ketenaran dan keuntungan, merusak reputasi Buddha Dharma.

Maka itu dalam hal menyebarluaskan Buddha Dharma dan memberi manfaat bagi orang banyak, saya menyarankan supaya praktisi sekalian memanfaatkan kemajuan tehnologi, contohnya menyebarluaskan kaset video ceramah, agar setiap insan yang mendengar ceramah Dharma dapat membangkitkan pengetahuan benar dan pandangan benar, ini merupakan jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas.

Dalam hal membangun vihara, ini membutuhkan jalinan jodoh, maksudnya adalah apakah ada praktisi sejati yang menetap di dalamnya, apakah ada umat yang serius dalam melatih diri, dengan demikian anda mendirikan vihara barulah jasa kebajikannya sangat besar; kalau vihara anda cuma dihuni oleh sejumlah orang yang sibuk memperebutkan ketenaran dan keuntungan, maka membangun vihara begini mana ada jasa kebajikannya.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 09
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0009


淨空老法師開示節錄 :
真正的護法
(一)

佛門裡面常講護法這個問題,護法是護持師道,這是真正的護法。在過去,護法不外乎三大綱領。第一個是建道場。前面我們跟諸位講過,特別是在講玄義的時候,我們提到安世高大師在江南建第一個佛寺,就是大安寺,無量無邊的功德。因為在以往,佛法是需要靠寺院來弘揚,依寺院而住,依寺院而弘揚光大,所以寺院是吉祥地。佛法到了今天,我們讀《金剛經》曉得,五五百年是鬥諍堅固。今天的寺院有不少已經變質,變為鬥諍的道場,大家在這個地方爭名逐利,破壞了佛法,這個地方是冤業藪,不是吉祥地,我們要曉得。今天為了弘法利生,我特別勸勉同修們利用今天科學的工具,我們眼前電視錄影的這些方法,把佛法普遍的弘揚出去、介紹出去,使大家都能夠具足正知正見,這就是無量無邊的功德。建寺一定要看因緣,什麼樣的因緣?有真正的修行人,而且是真正眾多的修行人,那你建寺的功德很大;如果都是一群圖名聞利養的,那建寺沒功德。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第九集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0009