Tuesday 12 March 2019

125.Meramal nasib


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Meramal nasib

“Meramal nasib”, tentunya berharap mendapat peruntungan dan menghindari musibah, inilah tujuan manusia meramal nasib. Mengharapkan peruntungan dapat menghapus dosa, memperoleh berkah, semua ini adalah kepercayaan takhayul yang sesat.

Andaikata cuma dengan mengunjungi ahli nujum, lantas kita sudah bisa menghapus petaka dan memperoleh berkah, maka tidak perlu menanam benih karma baik lagi, oleh karena Hukum Sebab Akibat sudah tidak berlaku lagi, mana mungkin ada hal begini?

Master Zhangjia pernah menceritakan padaku apa yang menyebabkan runtuhnya Dinasti Qing, Dinasti Qing tampak kian melemah sejak diperintah oleh Ibu Suri Cixi.

Ibu Suri Cixi percaya pada setan dan malaikat, sehingga keluarga bangsawan dan para pejabat tiap hari berkunjung ke medium roh (orang kesurupan), para petinggi kekaisaran tidak mampu mengambil keputusan sendiri, alhasil ditanyakan kepada orang kesurupan.

Maka itu Dinasti Qing runtuh oleh karena mendengar petunjuk dari setan dan malaikat.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 12
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0012


淨空老法師開示節錄 :
卜問

「卜問」,當然是希望趨吉避凶,卜問的意思就在此地。妄圖僥倖來免除你的一些罪過,免禍、非分得福,這些都是迷惑顛倒。如果禍能夠僥倖的免除,福能夠非分的得到,那就是無因無果了,沒有因果了,因果的定律就推翻了,哪有這種事?《左傳》,莊公三十二年有這麼一段記載說,「國之將興」,一個國家將要興盛起來,「明神降之」,有智慧、有德行的神明降之,「監其德也」,到這兒來監察,看看他的德行,這是國之將興有神。「將亡,神又降之,觀其惡也」,故有得神以興,也有得神亡了國。我們再把這一段念下來,「國將興,聽於民,將亡,聽於神,神,聰明正直而壹者也,依人而行」。往年,章嘉大師給我講滿清亡國的情形,他說在滿清將亡的時候,也就是慈禧太后執政的那些年當中。慈禧太后本身就迷信鬼神,所以那些王公大臣幾乎每天都在駕乩扶鸞,國家大事沒有一個人敢做主,誰來做主?扶鸞來做主。所以滿清政府亡,國家之亡,一切都聽命於神明,它亡國了。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0012