Monday 4 March 2019

78.Jangan mendengki pada kebajikan orang lain


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Jangan mendengki pada kebajikan orang lain

Selanjutnya Buddha Sakyamuni menyampaikan, “Lebih baik menjatuhkan tubuh sendiri ke dalam bara api”, hal ini tentunya amat menyengsarakan. “Mengambil pedang tajam memotong daging sendiri”, ini juga sangat menyiksakan.

Menjalani penderitaan ini hanyalah masalah sepele, tetapi “janganlah mendengki pada kebajikan orang lain”, jangan iri hati pada kebajikan yang dilakukan guru yang baik dan insan bersusila.

Apabila anda mendengki pada dirinya, menghina dirinya, “dosa ini tidaklah ringan, maka itu hendaknya bermawas diri”, dosa ini terlampau berat, balasan karmanya juga sangat berat.

Mendengki pada insan bijak, iri hati pada orang yang sedang memberi ceramah Dharma para makhluk, melihat jodoh Dharma orang lain sangat unggul, anda merasa iri hati, sengaja menghalanginya, merusak reputasinya, balasan karma ini adalah jatuh ke Neraka Avici.

Maka itu Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita bahwa lebih baik menjatuhkan tubuh ini ke dalam bara api, lebih baik menggunakan pedang tajam untuk memotong daging sendiri, namun juga takkan berani mendengki pada guru baik dan insan bersusila, tidak boleh timbul iri hati, sengaja menghambat karirnya dalam menyebarluaskan Buddha Dharma, jangan sampai melakukan perbuatan dosa begini.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 07
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0007


淨空老法師開示節錄 :
慎莫嫉妒人之善

  底下佛就說了,『寧投身火中』,我們寧願把自己的身跳到火坑,被火燒化,這個當然很痛苦。『利劍割肉』,拿著利劍、利刀自己割自己的肉,這個很痛苦,凌遲之死是最慘不過的,最慘痛的。這樣受這個罪,受這個苦難,這小事,還能夠忍受。『慎莫嫉妒人之善』,慎重,千萬不要嫉妒善師、道德之人所行的一切善事,不能夠嫉妒他。你要是嫉妒他、輕慢他,『其罪不小,慎之慎之』,這個罪太重了,果報也是非常之重。像嫉妒善人、善事這些果報,特別是在佛門裡面,我跟諸位介紹一本書,這本書叫做《釋門自鏡錄》。嫉妒賢,嫉妒別人教化眾生,人家法緣很殊勝,教化眾生,你要是嫉妒他、障礙他、破壞他,這些事的果報,你看《釋門自鏡錄》你就曉得,幾乎果報都在阿鼻地獄。所以佛給我們講,寧願把自己身投在火坑,寧願利劍割肉而死,我們也不敢嫉妒善師、道德之人,不可以嫉妒、障礙這些弘法利生的事業,不可以幹這些罪過之事;這個罪過之事要比起投火坑,比起利劍割身,那是沒有法子成比例的。這種重罪的惡報我們千萬不要嘗試,如果你要是想,我來試試看看有沒有,那後悔莫及。到那個時候你想我後悔沒有聽佛的話,沒有聽善師之教,已經來不及了。我們要相信佛菩薩誠實之言,佛菩薩絕不欺騙我們。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第七集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0007