Friday 1 March 2019

66.Setiap kelahiran saling bermusuhan dan saling membalas


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Setiap kelahiran saling bermusuhan dan saling membalas

Hal ini sungguh merepotkan, ketika dia datang melunasi utangnya, apakah dia ikhlas? Contohnya kasus Cao Han yang telah kita bahas sebelumnya, pada masa kelahiran lampaunya, ketika menjadi penjual kain keliling, dia pernah singgah mendengar ceramah di vihara, oleh karena menanam akar kebajikan ini, sehingga memiliki secercah harapan.

Ketika karma buruknya berbuah, dia jatuh ke Alam Binatang menjadi babi, dia meminta pertolongan pada Tuan Liu, kemudian Tuan Liu membelinya dari tukang jagal, lalu dilepaskan ke alam bebas, sejak itu Cao Han berhasil terbebas dari Alam Binatang, ini merupakan manfaat yang dia peroleh dari mendengar Buddha Dharma.   

Andaikata dia tidak pernah mendengar Buddha Dharma sama sekali, dia jatuh ke Alam Binatang, ketika menjalani hukuman, dia merasa tidak ikhlas : “Saya tidak berdaya melawanmu, anda menyakiti diriku, anda memakan dagingku”, hatinya tidak ikhlas, lantas bagaimana?

Pada masa kelahiran mendatang, dia akan balas dendam, di dalam pintu Buddha selalu disebutkan “Manusia mati jadi kambing, kambing mati jadi manusia”, saling balas membalas, kian lama kian sadis, tiada usainya.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 06
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0006


淨空老法師開示節錄 :
世世為怨,還相報償

  【世世為怨。還相報償。】
  這個事情麻煩,他來報復的時候,他來還債的時候,他自己是不是甘心情願?曹翰他在佛門裡種的善根,所以還現了這麼一點曙光,叫劉先生去救他,劉先生把牠買來之後放生,他從此之後脫離了畜生道,這一點是他聞佛法的利益。他如果不聞佛法,他變了畜生身,受業報的時候他不甘心不情願,我沒有力量反抗,你來殺害我,你吃我,他不甘心。不甘心怎麼樣?他來生還要報償,佛門裡面常說「人死為羊,羊死為人」,互相的報復,一次比一次殘酷,永遠沒有完了。『世世為怨,還相報償』,生生世世在那裡報復,永遠沒有完的時候,這太苦了!

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第六集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0006