Monday 11 March 2019

112.Manfaat dari mematuhi Lima Sila Bgn 3


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Manfaat dari mematuhi Lima Sila
(Bagian 3)

“Tidak berzinah, tubuh menebarkan keharuman kesucian. Mempunyai reputasi baik dan dihormati orang banyak. Sehat dan bersemangat”.

“Tidak berzinah, tubuh menebarkan keharuman kesucian”, jadi tubuh jasmani senantiasa menebarkan keharuman suci. “Mempunyai reputasi baik dan dihormati orang banyak”, ketika khalayak ramai memperbincangkan orang ini, mereka akan merasa salut dan timbul rasa hormat padanya.

“Sehat dan bersemangat”, penampilannya penuh wibawa. Kadang kala kita melihat ada orang yang tampak bersemangat, wajahnya merah merona dan segar, sehingga setiap orang yang melihatnya jadi bersukacita.

Di sini ada sebuah kalimat yang salah ketik yakni “Menjadi kaisar”, mungkin maksudnya adalah “Menjadi Raja Dewa”. Oleh karena zaman dahulu kala, sutra diperbanyak dengan cara menyalin, mungkin waktu salin ada satu aksara yang silap, jadi seharusnya adalah Raja Dewa.

Di Kamaloka ada 6 tingkatan Alam Surga atau Alam Dewa yakni (dari yang paling rendah ke yang lebih tinggi) :
1. Surga Caturmaharajika
2. Surga Trayastrimsa
3. Surga Yama
4. Surga Tusita
5. Surga Nirmanarati
6. Surga Parinirmita-vasavartin

Tiga tingkatan surga yang lebih tinggi yakni Surga Tusita, Surga Nirmanarati, Surga Parinirmita-vasavartin, di sini tidak ada lagi nafsu indria yang dilakukan melalui tubuh jasmani.

Andaikata mampu melenyapkan nafsu indria dari pikiran, maka sudah dapat melampaui Kamaloka, anda dapat terlahir di Rupaloka yakni empat tingkatan Alam Jhana.

Jadi kesalahan penulisan di sini, yang benar adalah “Menjadi Raja Dewa”, bukan “Raja Manusia”, oleh karena raja manusia banyak selirnya, jadi mana masuk akal kalau dikaitkan dengan manfaat sila ketiga.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 11
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0011


淨空老法師開示節錄 :
受持五戒的果報
(三)

【不婬香清淨。身體鮮苾芬。光影常奕奕。上則為大王。】

『不婬香清淨』,這是講不邪婬,身體常常有清香。『身體鮮苾芬』,鮮是鮮明,我們現在所謂的好光彩,苾芬就是香氣遠聞,裡面也包含美名遠聞,大家一提到某人,都很尊敬。『光影常奕奕』,我們常講的風度、神氣、光彩,奕奕是鮮明,好像很盛大的樣子。我們看到一個人,某人紅光滿面,精神飽滿,一看到就令人生歡喜,一看到就感覺到這個人與一般人不一樣。『上則為大王』,這個「大王」有點問題,因為它有個「上」字在,也很可能因為經典在從前都是手抄本,可能抄的時候抄錯了字,應當是天王。如果用天王就好講的多,為什麼?佛經裡頭常常給我們說,大王應當要作天王。欲界上面三層天斷身婬,上面三層天就是從兜率天起,兜率天、化樂天、他化自在天,沒有身婬;如果你斷心婬,欲界就不生,你就生到色界禪天。所以說這個「上」應當是「天王」好講,大王是人間之王,人間之王在我們古代所謂有三宮六院七十二嬪妃,那很難講。所以這個「上」字講天王是比較上好說一點,也是真正得這樣殊勝的果報。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0011