Sunday 3 March 2019

76.Insan yang mengamalkan sila dihormati para Dewa


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Insan yang mengamalkan sila dihormati para Dewa

“Manusia yang menjalankan sila, menggugah para Dewa. Dewa, Naga, setan dan malaikat, tiada yang tidak menghormatinya”.

Di dalam Ajaran Buddha terdapat sebuah kisah perumpamaan, pada masa Dinasti Tang di Gunung Zhongnan, guru sesepuh pertama Aliran Vinaya, Master Daoxuan, memiliki disiplin sila yang ketat, suci nan berwibawa, sehingga menggugah Dewa datang memberi persembahan dana makanan kepada beliau setiap harinya.

Master Daoxuan dapat merasakan ada sosok yang mengikutinya dari belakang, seperti sedang melindunginya, menjadi dayaka-nya, dia bertanya : “Siapa yang mengikuti di belakangku?”

Terdengar suara jawaban dari arah belakang : “Saya adalah putra mahkota dari Raja Langit Virupaksa”. (Raja Langit Virupaksa merupakan salah satu dari Empat Raja Langit).

Master Daoxuan bertanya lagi : “Untuk apa anda kemari?”

Dewa menjawab :  “Saya menghormati kesucian dan kewibawaan sila yang guru jalani, maka itu saya membangkitkan niat tulus untuk melindungi guru”.

Master Daoxuan hanya makan sehari se-kali yakni sebelum melewati tengah hari. Setiap waktu makan tiba, Dewa akan mempersembahkan dana makanan kepada beliau, peristiwa ini ada tercatat dalam sejarah.

Kejadian seperti ini, dimana praktisi sejati yang menggugah Dewa datang memberi persembahan dana makanan, pada zaman dahulu kala ada banyak kejadian serupa, bukan hanya terjadi pada diri Master Daoxuan seorang saja. Hal ini menjelaskan pada kita bahwa insan yang mengamalkan sila dijunjung para Dewa.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 07
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0007


淨空老法師開示節錄 :
戒德之人諸天都尊敬

『人有戒德者,感動諸天,天龍鬼神,莫不敬尊。』我們讀佛教的傳記,傳記裡面有記載,唐朝終南山律宗第一代的祖師道宣律師,「律祖唐朝道宣,天人敬重」這段事情。道宣律師在終南山的時候,他戒德清淨莊嚴,感動到天人來保護他,來做侍衛。他感覺到有人跟在他後面,好像保護他,做他的侍者一樣,他就問:後面是什麼人?後面就有聲音答覆道:我是博叉天王的太子。他說你是來幹什麼的?他說我尊重大師戒律清淨莊嚴,我發心保護你,給你做侍衛。同時道宣律師,諸位曉得他是每天接受天人供養,他是日中一食,這一缽飯每天是天人來送給他的,這是歷史上有記載的。像這樣感動天人來供養,古時候有很多位,不止道宣一位,韋陀菩薩三洲感應,這是經典上給我們所說明的,都是說明戒德之人諸天都尊敬。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第七集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0007