Sunday 3 March 2019

74.Bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain

Menuruti kehendak para makhluk masih tergolong pesimis, lebih optimisnya adalah mesti “ikut bersukacita atas jasa kebajikan yang dilakukan orang lain”, di dalam menuruti kehendak para makhluk, menimbun jasa kebajikan diri sendiri.

Menuruti kehendak para makhluk adalah menuruti tabiat para makhluk, menuruti pandangan dan pemahaman para makhluk, menuruti kesukaan para makhluk, mereka maunya bagaimana, kita ikuti saja apa yang mereka lakukan, jangan memaksakan pendapat sendiri, jangan terbelenggu oleh pandangan dan pemahaman diri sendiri.

Jika diri sendiri tidak punya pendapat sendiri, tidak punya pandangan dan pemahaman sendiri, boleh menuruti kehendaknya, asalkan kegiatan itu tidak bertentangan dengan kebenaran, maka boleh ikut bersukacita.

Terkecuali kalau kegiatan itu membahayakan keselamatan orang banyak, maka kita tidak boleh ikut bersukacita, kita mesti mengingatkan rekan kita dengan upaya kausalya supaya dia mau memperbaiki diri dan kembali ke jalan yang benar.

Sebaliknya bila kegiatan tersebut tidak melanggar kebenaran dan juga tidak merugikan orang banyak, maka kita boleh ikut bersukacita. Dengan ikut bersukacita, kita melatih menghapus tabiat pongah kita dan tabiat mengutamakan kepentingan diri sendiri; dengan perkataan lain, melenyapkan keakuan, kemelekatan, inilah jasa kebajikan.

Bila anda tidak sanggup menuruti kehendak para makhluk, juga tidak sanggup ikut bersukacita, maka samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan) takkan ada kemajuan.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 07
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0007


淨空老法師開示節錄 :
隨喜功德

  恆順還算是消極的,更積極的要「隨喜功德」,隨喜當中修自己的功德。功是什麼?自己的功夫,德就是前面講的道德,你功夫成就了,有得於心,這的確不可思議。隨喜就是我們要隨眾生的習氣、隨眾生的見解、隨眾生的愛好,他要怎麼做法,我們可以隨著他這麼做,不要堅持自己的意見,不要固執自己的見解。自己沒有意見,沒有見解,可以隨順他,只要這個事情沒有大的過錯,都可以隨喜。什麼叫大過錯?凡是有害於大眾的,這個不能夠隨喜,我們要提醒他,要以善巧方便教他改過,教他回頭。如果沒有很大的過失,與大眾沒有什麼太大妨害的,可以隨喜。隨喜當中磨鍊自己貢高我慢的習氣,斷除自己一切以我為主宰的習氣;換句話說就是破我執、破法執,這就是功德。你如果不能夠恆順,不能夠隨喜,你的定慧就沒有法子成就。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第七集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0007