Monday 11 March 2019

116.Membangkitkan keyakinan merupakan hal yang terlampau sulit


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Membangkitkan keyakinan merupakan hal yang terlampau sulit   

Praktisi non awam yang telah meninggalkan keduniawian, tidak percaya pada kekuatan Bodhisattva Skanda, Bodhisattva Skanda adalah Pelindung Dharma. Cobalah lihat di vihara besar, di dalam ruang kebaktiannya, di sisi kanan dan kiri altar Buddha terdapat rupang Bodhisattva Skanda dan Bodhisattva Sangharama (Guan Gong). Bodhisattva Skanda dan Bodhisattva Sangharama merupakan Pelindung Dharma.

Anda tidak percaya bahwa Bodhisattva Pelindung Dharma dapat melindungi dan mendukung dirimu, meskipun telah meninggalkan keduniawian, masih juga tak percaya. Andaikata anda yakin pada Bodhisattva Pelindung Dharma, maka hatimu akan tenang, takkan lagi mengejar dan memaksakan kehendak, takkan mengharapkan lagi persembahan dana dari umat, mengerahkan segenap hati guna melatih diri.

“Meragukan anugerah dari Buddha, mengharapkan persembahan dana dari umat, pikiran tidak difokuskan pada pelatihan diri, apalah hasilnya?”

Membangkitkan keyakinan merupakan hal yang sulit, setelah meninggalkan keduniawian, dua tahun kemudian saya pergi mengambil Pratimoksha Sila (sila kebhiksuan), usai itu saya pulang ke Taichung untuk mengunjungi Guru Li (Upasaka Li Bing-nan).

Begitu melihat kedatanganku, Guru Li langsung berkata : “Kamu harus yakin pada Buddha ya”.

Saya jadi keheranan, sudah bertahun-tahun saya belajar Ajaran Buddha, bahkan telah meninggalkan keduniawian, bahkan sekarang sudah mengikuti Upacara Upasampada, kenapa dibilang saya harus percaya pada Buddha?

Guru Li menjelaskan, membangkitkan keyakinan merupakan hal yang terlampau sulit, bahkan praktisi non awam yang telah meninggalkan keduniawian sekalipun, belum tentu meyakini Buddha Dharma.

Oleh karena tidak yakin pada Buddha dan Bodhisattva, alhasil dia cuma percaya pada dirinya sendiri, dia lebih mengandalkan hidupnya pada kemampuan dirinya sendiri, menganggap Buddha dan Bodhisattva tidak mampu menganugerahkan apa-apa buat dirinya, ini dikarenakan tidak yakin pada Buddha dan Bodhisattva.

Catatan :
Upacara Upasampada adalah upacara pengambilan sila KeBhiksuan atau Pratimoksha Sila, seperti yang tercantum di dalam Dharmagupta-vinaya/Vinaya Mahayana (四分律), Bhiksu menjalani 250 butir sila dan Bhiksuni menjalani 348 butir sila.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 12
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0012


淨空老法師開示節錄 :
信之一字太難了

出家不相信韋天之力,韋天就是韋馱天尊,大家曉得這是我們佛門的護法神。你到寺院去看,台灣的寺院規模小,在大殿的兩旁邊有一個武裝得像個將軍的神像,那就是韋馱天尊,他是我們佛門的護法神。與韋馱天尊相對的,現在大家塑的是關公,關公也是佛門的護法神。你不相信這些護法神有能力來護持你,出家人不相信。假如你要相信韋陀菩薩這些護法,你的心就可以安定了,不要向世間去攀緣,不要去求信施,你就一心在道。「疑佛白毫之賜,多求信施,心不在道,有何成就?」這個地方我要跟諸位說一說。信之一字很難,我在出家受戒之後,我是出家兩年才受戒,受戒之後回到台中去看老師,老師一見面,沒有跟我說別的,就跟我說要信佛。隨著就給我解釋,你已經學佛這麼多年,而且發心出家,受了大戒,我今天為什麼跟你提到信佛?信之一字太難了,出家不相信佛法的比比皆是。因為不相信佛菩薩,換句話說,相信誰?相信自己,自己的生活要依靠自己才有個著落,佛菩薩不能給我們,這是不信佛菩薩。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0012