Saturday 9 March 2019

105.Mengubah kekuatan karma menjadi kekuatan tekad


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Mengubah kekuatan karma menjadi kekuatan tekad

Kekuatan karma dapat diubah menjadi kekuatan tekad pada satu masa kehidupan sekarang ini, jadi tidak harus terlahir ke Alam Sukhavati terlebih dulu, baru kemudian bertekad kembali lagi, jadi dapat diwujudkan sekarang juga.

Hal ini tentunya sulit diwujudkan oleh ilmu pengetahuan duniawi, namun di dalam Buddha Dharma, hal ini bukanlah mustahil dicapai, bahkan gampang diwujudkan.

Andaikata anda tidak percaya lalu menghujat, maka jasa kebajikan dan manfaat ini takkan anda peroleh, yang rugi itu adalah dirimu sendiri, bukanlah Buddha Dharma.

Lihat saja Upasaka Li Bing-nan yang telah berusia 93 tahun, bila dibandingkan dengan lansia biasa, gerakannya pasti tidak lincah lagi, enam indra (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) juga telah mengalami kemunduran.

Lain halnya dengan Guru Li, walaupun usianya telah mencapai 93 tahun, namun enam indranya masih tajam, ini merupakan hasil dari pelatihan dirinya. Beliau berjalan tanpa bantuan orang lain, juga tidak perlu bantuan tongkat, masih serupa dengan orang yang usianya masih muda, suaranya masih nyaring, saat berceramah, orang yang berada di luar masih bisa mendengarnya.

Wajah beliau masih tampak awet muda, rambutnya sudah memutih, semangatnya, kesehatannya, bila melihat wajahnya, serupa dengan usia 60 tahun, anda pasti tidak dapat menerka bahwa beliau telah berusia 93 tahun, habis tahun sudah mencapai usia 94 tahun.

Ini adalah bukti hidup, bila masih juga tidak percaya pada Buddha Dharma, maka apa daya lagi. Kalau masih juga menghujat, maka bukan saja tidak memperoleh jasa kebajikan dan manfaat dari Buddha Dharma, namun dosa ini sangatlah besar, setelah meninggal dunia jatuh ke Neraka Avici.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 11
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0011


淨空老法師開示節錄 :
轉業力為願力

願力與業力就在我們這一生就可以轉變,不必要往生西方極樂世界然後再回頭來,當然那是可以的。像這種情形諸位想想,世間的學問、世間的修為不容易做到,在佛法裡面要想達到這個境界真是輕而易舉。你要不相信,你要毀謗,這種功德利益你就得不到,損失是你,不是佛法。諸位可以以台灣佛教界這些大德們做個見證,一般九十三歲的人,行動已經不方便,六根都衰退了,李老師九十三歲耳目聰明,這個身是修來的,是修得之果報。他走路無需要人扶持,也不需要拿個手杖,跟個壯年人一樣,說話的音聲洪亮,講台上講經,外面門口馬路上還是聽得見。他確實是童顏白髮,頭髮是白了,你看他的精神、看他的體力、看他的相貌,只能看出六十歲的人的樣子,你決定看不出他九十三歲,過了年九十四歲了。這是證明,這是見證。他老人家可以做見證,我自己也可以給諸位做個見證,再不相信那就沒法子了。你再要是毀謗佛法,不但你得不到功德利益,你這個罪報很大,命盡則墮無間地獄。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0011