Monday 11 March 2019

113.Manfaat dari mematuhi Lima Sila Bgn 4


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Manfaat dari mematuhi Lima Sila
(Bagian 4)

“Tidak berbohong, dihormati orang banyak”.

Tidak gampang untuk tidak berdusta, mesti memahami kebenaran dengan jelas, barulah kemudian dapat bersikap tulus, yakni “Maitri Karuna Buddha kepada semua makhluk adalah tanpa syarat“.

Para Buddha dan Bodhisattva dijunjung oleh orang banyak, alasannya tak lain adalah oleh karena Mereka dapat membangkitkan ketulusan sepenuhnya, barulah dihormati para Dewa dan Manusia. Andaikata kita ingin dihormati orang banyak, maka tidak ada jalan lain, anda harus belajar bersikap tulus sepenuhnya dan tidak berdusta, inilah caranya.

“Tidak minum arak, pikiran senantiasa sadar dan jernih, mengembangkan etika moral dan kebijaksanaan, dihormati khalayak ramai.”

Minum arak itu boleh-boleh saja, asal jangan sampai mabuk dan kehilangan pengendalian diri. Arak dalam jumlah yang sedikit dapat membantu lansia yang mengalami masalah dengan kelancaran peredaran darah.

Dalam memasak, kadang kala diperlukan sedikit arak sebagai penyedap, ini boleh-boleh saja, takkan membuat mabuk. Selain itu dicampurkan dalam ramuan obat, terutama lansia yang telah berusia 70-80 tahun yang daya tahannya lemah, boleh meneguk sedikit arak, untuk kesehatannya, jadi arak di sini berfungsi sebagai obat, ini tidak melanggar sila, asal jangan sampai mabuk, jangan meneguk sedikit-sedikit, lama-lama lupa daratan.

Lain halnya kalau orang usia muda yang masih kuat, maka tidak perlu minum arak untuk kesehatan, kalau masih minum arak, maka ini namanya cari alasan buat bermabuk-mabukan. Ini adalah pelanggaran sila, meskipun anda bilang minum sikit-sikit takkan sampai mabuk, tetapi niatmu sudah salah.

“Tidak minum arak, pikiran senantiasa sadar dan jernih”, ketika anda mabuk, akan kehilangan kebijaksanaan, kehilangan kesadaran. Hendaknya setiap saat mempertahankan kesadaran dan pikiran jernih, senantiasa memelihara akal sehat, dapat mempertahankan kesucian sila, tidak melakukan segala dosa, maka itu jangan sampai mabuk arak.

“Mengembangkan etika moral dan kebijaksanaan, dihormati khalayak ramai”, dengan tidak meneguk arak, barulah anda dapat membina etika moral diri, mengembangkan kebijaksanaan, dengan memiliki moral dan kebijaksanaan, pasti memperoleh penghormatan dari masyarakat.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 11
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0011


淨空老法師開示節錄 :
受持五戒的果報
(四)

  【至誠不欺詐。為眾所奉承。】

第四是不妄語,『至誠不欺詐,為眾所奉承』。不妄語的確不容易,必須深明義真之理,而後能極至誠,就是無緣慈與同體悲也。「佛菩薩」,諸佛菩薩為大眾所敬奉,實在講沒有別的,就是他能做到至誠,所以人天大眾才這樣的敬奉他。我們如果要想得到大眾之奉承,也沒有別的,你就學至誠不妄語就好了。

【不醉後明了。德慧所尊敬。】

  第五段是講不飲酒殊勝的功德,你看不飲酒這個字樣不是說不飲,是說不醉,像這些字樣諸位要特別留意。前面的果報是講亂酒,這就說明它是遮戒,它是遮罪,它不是性罪,少量的酒,尤其對於年歲大的人可以活動血脈,有益於身體的健康,這是許可的。所以雖然學了佛,譬如說你在家裡面,你學佛了,往往廚房裡面做菜,菜裡面有料酒,像台灣現在出的米酒多半是做料酒用,這個不會醉,可以用的,不是不可以用。另外在藥用也可以用,譬如說佛門裡面有些長老,七十多歲、八十多歲這些老和尚,年歲大了,身體衰了,他用些補酒、藥酒,每餐喝一小杯,這是有益於身體健康,這是當作藥用的,也不犯戒,不醉,絕不是貪杯。但是像年輕力壯無需要用藥來補的,那就不要,如果你要再搞藥酒的話,那你是假借這個來貪杯,那就犯戒,雖然也不醉,但是你的用心錯了。真正為了身體,有這個必要,可以;假借這個來貪杯,那是錯誤的,那是有罪的。所以此地這個用詞,『不醉後明了』,我們迴向偈裡常講「願得智慧真明瞭」,你一醉就糊塗了,智慧就失掉,明瞭失掉了。你要常常保持著清醒,常常保持著理智,能夠守清淨戒律,不犯一切罪業,決定不可以醉。『德慧所尊敬』,這樣你才能夠真正修你自己的道德,啟發你的智慧,你有德、有慧,必定為社會大眾所尊敬。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0011