Monday 11 March 2019

114.Melafal artinya pikiran yang sekarang


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Melafal artinya pikiran yang sekarang

Praktisi sekalian tentunya tahu bahwa melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati di penjuru barat, ini memang betul, tetapi banyak yang salah tafsir terhadap maknanya, mengira bahwa asalkan melafal Amituofo maka sudah dapat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Siang malam menghitung tasbih sambil melafal “Namo Amituofo, Namo Amituofo”, dengan demikian sudah dapat terlahir ke Alam Sukhavati? 

Tidak segampang begini, pasti harus memahami kebenaran, mesti memahami metodenya. Melafal dalam aksara mandarin ditulis sebagai “=nian=melafal yakni pikiran yang sekarang, lihatlah orang Tiongkok zaman dulu menciptakan aksara, sungguh bermakna.

Aksara “=nian=melafal” merupakan perpaduan dua aksara yakni “=jin=sekarang” dan “=xin=hati atau pikiran”. Jadi “=nian=melafal” diartikan sebagai hati atau pikiran yang sekarang.

Hati yang sekarang itu adalah Hati Buddha, apa itu Hati Buddha? Hati Buddha adalah pencerahan, tidak takhayul. Jadi melafal Amituofo adalah pikiran yang sekarang, atau hati pencerahan.

Para Buddha dan Bodhisattva di sepuluh penjuru adalah tercerahkan dan tidak takhayul, saya juga sedemikian rupa, tercerahkan dan tidak takhayul, dengan demikian saya serupa dengan Buddha dan Bodhisattva, sehingga mana mungkin takkan terlahir ke Alam Sukhavati? Maka itu praktisi Buddhis terhadap segala hal mesti “Tercerahkan dan tidak takhayul, benar dan tidak sesat, suci dan tak ternoda”, begini barulah merupakan siswa Buddha sejati.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 11
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0011


淨空老法師開示節錄 :
「念」是現前的心

我們學佛,絕大多數的人都知道念佛求生西方淨土,這句話說得沒錯,可是許多人把意思給會錯,認為念佛就可以往生西方淨土。那怎麼念法?一天到晚拿著念珠「南無阿彌陀佛、南無阿彌陀佛」就能往生了?沒有那麼簡單,一定要明理,要懂得方法。「念」是現前的心,你看我們中國古人造字,念字是會意,上面是今,今就是現在,底下是個心,就是現在這個心。現在這個心是什麼?是佛心,佛心是什麼?佛心是覺,不迷。所以念佛就是現前這個心是覺心,十方諸佛菩薩都是覺而不迷,我也覺而不迷,那豈不是與他們同儔類嗎?與諸佛菩薩同儔類,那怎麼不往生?所以學佛之人,於一切事、一切理、一切場所都要知道覺而不迷、正而不邪、淨而不染,這才是真正的佛弟子。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0011