Tuesday 5 March 2019

81.Di dalam vihara tidak boleh tidak ada kegiatan ceramah


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Di dalam vihara tidak boleh tidak ada kegiatan ceramah   

Orang awam pasti memiliki pandangan dan pemahaman yang berbeda-beda, lantas bagaimana dengan praktisi pemula seperti kita? Harus melepaskan pemikiran dan pandangan sendiri, menerima pandangan dan ucapan Buddha Sakyamuni.

Tetapi kita tidak takhayul, kita juga tidak dipaksa untuk menerima ajaranNya, Sang Buddha hanya mengusulkan pada kita tentang buah pemikiranNya, mengizinkan dirimu untuk membuktikan kebenaran DharmaNya, setelah anda membuktikan kebenaran ini, maka inilah pengetahuan dan pandanganmu sendiri.

Jadi pengetahuan dan pandanganmu harus sama dengan pengetahuan dan pandangan para Buddha dan Bodhisattva, inilah yang disebut bahwa ajaran semua Buddha adalah sama, mengapa demikian?

Oleh karena apa yang dilihat oleh Sang Buddha adalah kebenaran, apa yang anda lihat juga adalah kebenaran, kebenaran itu cuma satu, maka itu bagaimana mungkin tidak sama? Pasti adalah sama.

Dari sini dapat diketahui bahwa di dalam vihara tidak boleh tidak ada kegiatan ceramah. Apabila di dalam vihara tidak ada kegiatan ceramah, anda tidak berdaya meluruskan pandangan dan pemahaman salahnya, pemikiran salah, anda takkan berdaya meluruskannya; dengan perkataan lain, si pendatang baru takkan betah tinggal di vihara anda.

Kalau dia dapat menetap di vihara anda tiga bulan lamanya, hal ini sudah sangat lumayan, masih syukur dia tidak tinggal baru tiga hari langsung angkat kaki. Ini merupakan aturan yang pasti.

Zaman dulu di vihara setiap hari diselenggarakan kegiatan ceramah, para Bhiksu memimpin umat untuk belajar bersama, jadi pendatang baru akan betah menetap di sana, karena ada hasil yang bisa diperoleh, walaupun anda mengusirnya, dia juga takkan sudi angkat kaki, apalagi dia sendiri, mana mungkin bersedia angkat koper?

Dengan memperbandingkan semangat, peraturan, cara yang ditetapkan oleh vihara zaman dulu dengan vihara zaman sekarang, maka kita jadi mengerti, di sisi mana kita telah melakukan kekeliruan.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 08
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0008


淨空老法師開示節錄 :
寺院裡頭不能不講經

凡夫之人,見解當然是有問題,我們初學的人怎麼辦?要把自己的想法、看法放棄掉,接受釋迦牟尼佛他的看法、他的說法。可是我們不迷信,我們也不是武斷的一定要接受他的,他只是提供我們意見,要我們自己去證實,到你自己證實之後,那就是你自己的知見。你自己的知見與諸佛菩薩的知見一定相同,所謂是佛佛道同,為什麼?他見到的是真理,你見到也是真理,真理只有一個,怎麼會不一樣?決定是一樣的。由此可知,寺院裡頭不能不講經。你現在寺院裡頭不講經,你沒有辦法糾正他錯誤的見解、錯誤的想法,你無法去糾正他,換句話說,他當然住不長久。能夠在你這裡住三個月,那算很了不起,沒有住上三天就走了,這是必然的道理。古時候寺院、叢林每天講經,領眾參學,他到那個地方去真有所得,時有所得,你趕都趕不走,他自己怎麼會走?把從前寺院、叢林的性質、制度、方法,跟我們現在一比較我們就明瞭了,哪些地方是我們自己本身做錯了。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第八集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0008