Sunday 10 March 2019

108.Mabuk arak kehilangan tata susila


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Mabuk arak kehilangan tata susila

“Mabuk arak akan kehilangan tata susila.”
“Kehilangan akal sehat. Setelah mati jatuh ke Neraka. Dipaksa minum cairan tembaga mendidih.”

Arak membuat anda jadi mabuk, sehingga kehilangan akal sehat dan pengendalian diri, merendahkan derajat manusia.

Tata susila harus dijunjung oleh setiap insan, tata susila bukanlah ditetapkan oleh seseorang supaya ditaati oleh kita, tetapi tata susila merupakan “Hukum Alam”.

Bila setiap insan memelihara tata susila, maka masyarakat akan hidup tenteram, dunia diliputi perdamaian, sebaliknya bila setiap orang tidak sudi menaati tata susila, maka dunia akan diliputi kekacauan, takkan ada yang sudi mematuhi peraturan lagi, ini sungguh membahayakan.

Tata susila ibarat sebuah jalan, merupakan jalan bagi para Dewa dan Manusia, apabila kehilangan tata susila, akibatnya jatuh ke tiga alam rendah, maka itu mabuk arak menyebabkan seseorang kehilangan tata susila.

Arak sudah ada sejak zaman dahulu kala, sejarah mencatat pada abad ke-2 SM, Yi Di menciptakan ramuan minuman arak. Usai itu Yi Di mempersembahkan minuman arak ini kepada Kaisar Da Yu untuk dicicipi. Kaisar Da Yu merupakan seorang penguasa legendaris di Tiongkok Kuno yang terkenal karena pengenalannya tentang Pengendalian banjir, pendiri Dinasti Xia dan sosok yang bermoral tinggi.

Kaisar Da Yu mencicipi minuman arak tersebut, rasanya manis dan enak, setelah meneguknya, Kaisar Da Yu melontarkan pujian. Tetapi Kaisar Da Yu merupakan kaisar yang cerdas, arak tidak membuatnya ketagihan, beliau berkata “Pada era selanjutnya pasti ada negara yang jatuh karena minuman arak”.

Kita melihat di dalam perjalanan sejarah Tiongkok, negara yang tumbang karena minuman arak, contohnya adalah Yin Zhou-wang (kaisar terakhir Dinasti Shang), oleh karena arak sehingga kehilangan negara, Kaisar Xia Jie (kaisar terakhir dari Dinasti Xia), juga karena arak sehingga kehilangan negaranya.

Maka itu orang pertama yang melarang minum arak adalah Kaisar Da Yu, beliau sendiri setelah mencicipi arak langsung menyadari bahaya yang ditimbulkannya. Arak diciptakan pada era bertahtanya Kaisar Da Yu, setelah meneguknya, beliau langsung menyadari bahwa minuman ini akan mencelakai manusia, makanya beliau melarang minum arak.

Arak mengakibatkan manusia kehilangan akal sehat dan pengendalian diri. “Setelah mati jatuh ke Neraka. Dipaksa minum cairan tembaga mendidih”. Ini adalah siksaan yang dijalani di dalam Neraka Cairan Tembaga. Tembaga dibakar hingga menjadi cairan, lalu dituang ke dalam mulut pelaku kejahatan.

Jadi pelaku perzinahan dipaksa memeluk pilar tembaga yang dibakar hingga membara, sedangkan pemabuk dipaksa minum cairan tembaga mendidih.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 11
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0011


淨空老法師開示節錄 :
亂酒無禮節

【亂酒無禮節。】
【迷惑失人道。死入地獄中。洋銅沃其口。】

酒迷人,叫你顛倒錯亂,喪失了人道,這也要跟大家略微說清楚。禮節我們應當要重視,禮節不是某個人規定要我們遵守的,它乃是「天地之序」,秩序,「中正無邪,人有禮則安,無禮則危」,人人都講理,社會安定,天下太平,大家都不守禮,天下大亂,無所適從,則危矣。「禮是人天之道」,禮就好像是一條路一樣,是人天所走的一條大道路,迷失了就要墮落在三途,所以說亂酒你禮節就失掉了。『迷惑失人道』,迷惑是酒迷人,諸位要曉得,在歷史上有記載,「儀狄造酒」,可見得酒的由來很久了。大禹王嘗一嘗而甘之,很美,不錯,大禹王喝了說很不錯。但是禹王是很聰明的人,很有智慧的人,沒有被酒所迷,他就說了「後世必有以酒亡其國者」。我們看中國歷史,以酒亡國的真的有,殷紂王就是以酒亡國,夏桀也是以酒亡國。「遂疏儀狄,而絕旨酒」,我們今天講戒酒,諸位要曉得第一個提倡戒酒的是大禹王,堯舜禹湯的禹王,他老人家首先提倡戒酒,他本身就戒酒。酒是那時候發明的,他飲了以後,他就覺得這個東西會害人,他就戒酒了。所以說迷惑失人道。『死入地獄中,洋銅沃其口』,這就是洋銅地獄的果報。洋銅是什麼?銅用火燒,燒化了變成銅汁,用這個來灌到你的口裡。大家一看這個,也是業感,婬泆抱柱,你亂酒的時候洋銅沃口。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0011