Sunday 10 March 2019

109.Akibat melanggar Lima Sila


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Akibat melanggar Lima Sila  

“Bertemu dengan beragam kesulitan. Menjalani siksaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata. Bila berpeluang terlahir jadi manusia, kondisinya akan hina dan miskin.”
  
Balasan karma itu mencakup tiga masa kehidupan yakni masa kehidupan lampau, masa kehidupan sekarang dan masa kehidupan yang akan datang. Akibat karma itu ada yang berbuah pada masa kehidupan sekarang dan ada yang berbuah pada masa kehidupan yang akan datang. 

Demikian pula dengan pelanggaran terhadap Lima Sila, buah akibatnya ada yang berbuah pada masa kehidupan sekarang dan ada yang berbuah pada masa kehidupan yang akan datang.

Yang dimaksud akibat karma yang berbuah pada masa kehidupan yang akan datang, yakni yang berbuah pada masa kehidupan berikutnya atau masa kehidupan yang kedua, dan yang berbuah pada masa kehidupan mendatang atau masa kehidupan ketiga.

Jadi di sini disebutkan akibat karma yang berbuah pada satu masa kehidupan yang sekarang yakni “Bertemu dengan beragam kesulitan”, segala sesuatu berjalan dengan tidak lancar, selalu bertemu dengan kesulitan.

Kalimat kedua adalah “Siksaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata”, ini adalah buah akibat karma yang diterima pada masa kehidupan berikutnya, yakni jatuh ke Neraka Avici. 

Jadi apabila anda melakukan pembunuhan, pencurian, perzinahan, berbohong, maka akibatnya adalah jatuh ke Neraka.

Kalimat ketiga adalah buah akibat yang diterima pada masa kehidupan yang akan datang, setelah usai menjalani siksaan di tiga alam rendah, selanjutnya masih berkesempatan terlahir sebagai manusia, oleh karena di “Alayavijnana atau gudang kesadaran tertanam benih kebajikan dan sila dari masa kehidupan lampau, sekarang benih-benih ini muncul ke permukaan”, sehingga berkesempatan terlahir menjadi manusia.

Walaupun terlahir sebagai manusia, namun kondisinya adalah “Hina dan miskin”, inilah keadaan dia setelah keluar dari tiga alam rendah. Maka itu para makhluk takut pada buah akibat karma, sedangkan Bodhisattva takut pada benih sebab karma, Bodhisattva ketika timbul niat pikiran, akan senantiasa bermawas diri, mengapa demikian?  

Oleh karena Bodhisattva tahu bahwa bila menanam benih karma buruk, kelak pasti akan menerima balasan yang tidak menyenangkan.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 11
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0011


淨空老法師開示節錄 :
破五戒的報應

【遭逢眾厄難。毒痛不可言。若生還為人。下賤貧窮中。】

  這個我們要講到果報,果報通三世,佛經裡常常給我們講,因緣果報有花報、有果報。譬如開花,開花之後它結果,花報多半指現世報,果報是指來生的報應。這是總結破五戒的毒痛,報應,有花報、有果報;有現報,現報是現世報;有生報,生報是來生報;後報,後報就是第三生以後,有這種果報。第一句是講的花報,是講的現世報,『遭逢眾厄難』,你這一生在世常常不如意,常常會遇到困難。『毒痛不可言』,是第二句,是生報,果報就是你墮在地獄裡。前面一條一條諸位看到,你要是做了殺生、邪婬、偷盜、妄語,都是落在地獄裡。三句、四句是後報,後報是講你在三途罪受滿了,以後還會得人身,因為你的「八識心田亦有過去善戒種子,此其現形」,現形就是說你在三途裡出來,你又得到人身,還為人了。雖還為人,『下賤貧窮中』,這是初由三途出來,他的「罪苦餘習感應如是,感應之理事昭彰若是,可不畏哉」。佛菩薩給我們說的句句話都是誠實語,沒有一句話欺騙我們。所謂是眾生畏果,菩薩畏因,菩薩起心動念他小心謹慎,為什麼?他曉得如果現在造不善的因,將來必定有不善的果報。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0011