Wednesday 6 March 2019

87.Daripada berbuat baik, lebih baik tidak berbuat apa-apa


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Daripada berbuat baik, lebih baik tidak berbuat apa-apa

Apakah Buddha perlu melakukan kebajikan? Tentu saja perlu. Tetapi Buddha melakukan kebajikan adalah menuruti jodoh yang ada, takkan memaksakan kehendak; dengan perkataan lain, apakah kita perlu berbuat baik? Tentu saja perlu, tapi jangan sampai menghalangi kesucian hati kita.

Apabila demi melakukan kebajikan lalu merusak kesucian hati kita, lebih baik tidak melakukannya; dengan perkataan lain, bila saya cuma memiliki uang sejumlah satu dolar, maka saya cuma melakukan kebajikan sesuai dengan kemampuanku yakni satu dolar, jasa kebajikan ini telah sempurna.

Andaikata saya cuma mempunyai satu dolar, satu dolar ini ternyata tidak mencukupi, lalu saya memikirkan segala cara untuk mengumpulkan uang sejumlah 10 dolar, supaya uangnya cukup guna mewujudkan kebajikan tersebut, kalau sudah begini, bukankah hidupmu penuh dengan beban pikiran?

Ketika anda tidak berhasil mengumpulkan 10 dolar, maka hatimu jadi risau, sebaliknya ketika anda berhasil mengumpulkannya, hatimu tetap saja risau, “Keuntungan yang diperoleh tidak dapat menutupi kerugian yang diderita”,  sehingga mengubah jasa kebajikan yang tak bercelah menjadi pahala, sungguh patut disayangkan, praktisi sejati hendaknya dapat memahami makna ini.

Maka itu jika kita hendak melakukan sebuah kebajikan, kebajikan ini adalah atas permintaan dan mendapat dukungan dari orang banyak, maka kebajikan ini boleh dilakukan, mengapa demikian? Tidak memaksakan kehendak.

Apabila khalayak ramai tidak memiliki niat sedemikian rupa, atau khalayak ramai memiliki keinginan begini, tetapi jodoh belum masak, anda memaksakan diri untuk melakukannya, memikirkan segala cara, sibuk ke sana kemari untuk mewujudkannya, saat begini kekotoran batinmu muncul ke permukaan, anda menggunakan hati yang memaksakan kehendak, dengan perkataan lain, anda telah melakukan kekeliruan, inilah yang dimaksud dengan “Daripada berbuat baik, lebih baik tidak berbuat apa-apa”!

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 08
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0008


淨空老法師開示節錄 :
好事不如無事
  
佛要不要做好事?要做,但是佛做好事是隨緣做好事,而不是攀緣做好事;換句話說,我們要不要做好事?要做,但是決定不妨礙我們的清淨心,做好事,如果妨害我們自己的清淨心,我不做;換句話說,我有一塊錢我做一塊錢的好事,功德圓滿。我有一塊錢,不行,我得想辦法找十塊錢來做好事,你的心動了。你找不到的時候你起煩惱,你找到的時候還起煩惱,這叫得不償失,把無漏的功德變成有為的福報,實在是太可惜了,真正修道人要曉得這個意思。所以我們要是做一樁事情,大眾的力量是大眾發心自動來要求的,這個事情可以做,為什麼?沒攀緣。大眾沒有這個念頭,或者大眾這個意念還沒有成熟,你勉強去做,想盡方法到處奔波來去做,這時候你煩惱現前,你完全用的是攀緣心,換句話說,你自己已經錯了,這就是「好事不如無事」!

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第八集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0008