Tiga Persamuan Nagapuspa
(Tiga Pesamuan Agung Pembabaran
Dharma Buddha Maitreya)
Makna dari Tiga Persamuan Nagapuspa :
Buddha Maitreya belum
mencapai penerangan sempurna, maka itu disebut sebagai Bodhisattva Maitreya, di
dalam “Maitreya-vyakarana Sutra (Sutra tentang turunnya Bodhisattva Maitreya ke
dunia)”, tercantum bahwa pada era Buddha Sakyamuni telah ada Bodhisattva ini,
bahkan juga pernah memperoleh ramalan pencapaian KeBuddhaan dari Buddha
Sakyamuni : “Anda, Maitreya setelah memperoleh ramalan pencapaian KeBuddhaan dariKu,
kelak akan mencapai KeBuddhaan menyelamatkan para Dewa dan manusia”, merupakan
peristiwa bersejarah bagi Bodhisattva Maitreya.
Kelak Bodhisattva Maitreya
akan turun ke dunia mencapai KeBuddhaan, di bawah Pohon Nagapuspa, konon pohon
ini memiliki dahan dan ranting yang menjulang tinggi dan besar, dan lagi dapat
bermekaran bunga indah cemerlang, serta menghasilkan buah yang rimbun.
Mereka yang berhasil
diselamatkan dalam “Tiga Pesamuan Agung Pembabaran Dharma Buddha Maitreya” :
1. Pada kali pertama
memutar roda Dharma, para praktisi yang bertemu dengan Buddha Maitreya,
mendengar pembabaran DharmaNya, memperoleh ramalan pencapaian KeBuddhaan dan
mendapat penyelamatan, inilah yang disebut sebagai “Persamuan Pertama”.
2. Seiring berjalannya
waktu, terdapat sejumlah praktisi yang mendengar Buddha Maitreya membabarkan
Dharma, berhasil melampaui orang awam beralih menjadi insan suci, ini menjadi
“Persamuan Kedua”.
3. Akhirnya sampai pada
kali ketiga memutar roda Dharma, merupakan sebuah persamuan Dharma yang besar,
setiap makhluk yang berjodoh denganNya, seluruhnya akan diselamatkan, tiada
satupun yang ketinggalan, inilah yang merupakan “Persamuan Ketiga”.
龍華三會的『意義』:
彌勒未成佛前亦稱菩薩,在彌勒下生經有記載,釋迦牟尼佛時代就有這位菩薩, 而且曾經釋迦佛受記:「汝彌勒受我記後,將來成佛度脫人天,」是為彌勒作菩薩時代的歷史。
彌勒菩薩當來下生成佛,是在龍華樹下,其樹名龍華者,言其枝幹高大如龍盤空,且能開燦爛之花,結豐碩之果。言三會者,其轉第一次法輪,遇彌勒佛聽經聞法受記度脫者,是為龍華初會;經若干時期,有若干眾生,又聞彌勒佛說法而得超凡入聖者,是為龍華二會;到最後一會,則大轉法輪,凡為彌勒佛所度之機,皆度盡無餘,是為龍華三會。